Pentingnya Curhat



Mengapa Kita Perlu Curhat?

Curhat adalah salah satu sarana berkomunikasi dua pihak atau lebih yang bertujuan untuk menyampaikan suatu masalah dan mencari solusi dari masalah itu. Curhat dapat mendamaikan jiwa, menenangkan pikiran, menentramkan hati dan mempertajam intelektual juga daya ingat. Perlu kita sadari terkadang kita mempunyai masalah yang tidak dapat dipecahkan seorang diri. Kita memerlukan bantuan dari orang lain untuk membantu mencari solusi dari masalah itu. Untuk itulah, perlu adanya relasi atau sahabat yang selalu mendukung dan mengayomi kita.

Orang yang cenderung tertutup, jiwanya akan semakin terganggu dengan banyaknya problematika yang dia hadapi seiring waktu. Disadari atau tidak, daya ingat seseorang menurun ketika dia mempunyai masalah kompleks namun cenderung tertutup. Karena otaknya tak pernah lelah mengendapkan masalah-masalah yang dia hadapi dan sekaligus memikirkan cara untuk menyelesaikannya seorang diri. Kompleksitas masalah yang dia hadapi seiring waktu terendap dalam dirinya, sehingga dia mengalami banyak tekanan batin yang belum bisa terselesaikan atau terpuaskan. Hal ini dapat memicu stress yang akan merubahnya menjadi pribadi yang sensitif. Sehingga tak jarang, tipe orang semacam ini akan mudah sekali marah.

Menjadi Pribadi yang tertutup atau “Silent Man” lah yang harus kita hindari mulai dari sekarang. Orang yang selalu berfikir terbuka dan blak-blak an memiliki beberapa keunggulan dibandingkan orang yang peribadinya cenderung tertutup. Berikut ini beberapa keunggulan orang bertipe terbuka daripada tertutup :

1.      Jiwanya damai dan pikirannya tenang

2.      Cepat menemukan titik terang dari masalah-masalah yang ia jumpai

3.      Adanya dukungan (support) lebih dari kawan-kawannya

4.      Cerdas dan tenang, sehingga daya ingatnya tinggi

Maka dari itu, disaat kita masih diberi kesempatan dan kemampuan untuk mencari relasi, maka carilah relasi itu sebanyak-banyaknya. Jadikan hidupmu tentram dan damai penuh kebahagiaan. Dan perlu diingat, bahwa terbuka bukan berarti membuka semua nya yang ada dalam diri kita. Namun, biarkanlah sesuatu yang ingin kita rahasiakan tetap rahasia sebagaimana mestinya.

Itulah sedikit tips dari saya, maaf apabila terdapat salah kata dalam artikel ini. Dan saya menerima kritikan yang bersifat membangun konten tersebut.

Terimakasih telah mampir di situs saya, semoga artikel ini dapat membantu anda.. J 

                                                                                (By : Burhan Amirudien, Klaten, 19 Desember 2012)

No Response to "Pentingnya Curhat"

Posting Komentar

Powered by IIFH